Ads

Home » , » Apa sih Browsing dan Browser itu??

Apa sih Browsing dan Browser itu??

Dewasa ini kita sebagai khalayak muda sangat banyak di suguhi berbagai kemudahan dalam melihat dunia luar. Mulai dari media cetak sampai media elektronik, Informasi begitu mudah kita dapatkan dan gratis. Mulai dari dunia hiburan seperti film, video dan musik sampai berita baik yang tertulis atau pun bergambar.

Dalam memudahkan mencari Informasi kita perlu sesuatu perangkat yang tersambung pada Jaringan, dan Internet. Beberapa alat tersebut kita bahkan sudah tidak asing menggunakannya, Seperti Smartphone, Gadget, dan PC / Laptop. Lewat alat tersebut yang tersambung ke internet kita bisa mudah menemukan informasi secara gratis.

Berbicara tentang perangkat dan Internet kita pasti memerlukan sebuah aplikasi untuk melakukan penjelajahan pada Internet Browsing yang disebut dengan Browser. Apa sih itu Browser? Apa sih itu Browsing? Apa fungsinya? Apakah ketika kita terhubung ke Internet kita harus menggunakannya? Pertama-tama kita akan bahas arti dari masing-masing kata tersebut.


Gambar orang sedang Browsing
Gambar diatas adalah ilustrasi Browsing

Browsing


Browsing adalah Kegiatan dalam melakukan penjelajahan pada Jaringan Internet. Jika Browser adalah aplikasinya maka browsing adalah kegiatannya, seperti mencari artikel, membuat blog, chatting, dan Menonton video semua itu adalah Kegiatan penjelajahan internet atau Browsing. Browsing sendiri biasanya setelah kita mempunyai aplikasi kita perlu menggunakan sebuah Search Engine, kecuali jika kita sudah tahu situs yang akan dituju.

Apa itu Search Engine? Search Engine adalah sebuah Situs Internet yang kegunaannya adalah untuk melakukan pencarian terhadap kata kunci yang kita masukkan. Search Engine atau mesin pencari sendiri ada beberapa di dunia ini, diantaranya :

1. Google

Lambang Google
Google adalah raksasa mesin pencari di dunia, mesin pencari yang sudah sangat familiar dan begitu besar ini begitu banyak di akses di dunia. Bukan hanya mesin pencari saja Google juga begitu banyak memiliki situs penting lain seperti Mail untuk Email, Blogger untuk Blog, Youtube untuk Video, PalyStore untuk Aplikasi dan masih banyak lainnya. Seolah tidak puas dengan Mesin pencari Google terus mengembangkan sayapnya baik di dunia maupun di Indonesia. Bahkan sekarang sepertinya Google sudah punya Kantor Di Indonesia, tepatnya di Jakarta.
Nama Situs : www.google.com International 
                      www.google.co.id Indonesia




2. Yahoo
Gambar Yahoo

Yahoo sama seperti google merupakan mesin pencari yang dulu cukup populer. Yahoo juga menyediakan pembuatan email sama seperti google. Tapi mesin pencari yang cukup populer di tahun 2000 an ini harus gulung tikar, usut punya usut katanya Yahoo sendiri sudah di akuisisi oleh perusahaan lain.

Nama Situs : www.yahoo.com International


3. Ask
Gambar dari Ask

Ask juga merupakan Mesin pencari seperti kedua Kompetitornya. Pada dasarnya Ask sama dengan Google maupun Yahoo. Mungkin tidak sepopuler Google tapi Ask masih menjadi primadona mesin pencari bagi pengguna setianya.

Nama Situs : www.ask.com Internasional


Gambar macam Browser
Gambar diatas adalah Ilustrasi beberapa macam Browser

Browser


Browser adalah sebuah aplikasi yang memudahkan penggunanya untuk melakukan penjelajahan pada internet, Seperti membuka blog, situs dan video yang secara online ada pada internet. Aplikasi browser ada banyak di dunia ini, dari aplikasi yang khusus ada di Smartphone hingga yang ada pada Komputer. Tanpa browser walaupun kita punya Kuota (bandwith), Smartphone / Komputer dan terhubung pada Internet kita pasti tidak akan bisa melakukan penjelajahan pada Jaringan Internet. Berikut beberapa Aplikasi yang memudahkan kita untuk Browsing ke Internet :


Pertama Browser Smartphone / HP


1. Chrome

Chrome adalah aplikasi wajib browser pada smartphone android. Mungkin karena android merupakan milik Google, jadi semua smartphone android ada aplikasi ini. Aplikasi ini begitu mudah dan sangat aman digunakan. Kemudahan tersebut tersedia bagi para pengguna yang banyak mem bookmark situs, menyimpan halaman dan berbagai save lainnya. Cukup Sign in dengan email, maka semua save bookmark Anda akan tersimpan ke server Google. Jadi tidak perlu takut jika harus kehilangan save bookmark Anda. Cukup Sign in ke akun Chrome Anda maka semua beres. Untuk featura lainnya sama dengan browser pada umumnya.

Silahkan Download Langsung dari Playstore disini 

2. Opera Mini

Opera Mini adalah aplikasi yang penjelajah internet paling mudah dan populer di hp java, namun dalam era Android aplikasi ini juga ikut melakukan debut. Kemudahan tersebut karena dengan ukuran aplikasi yang kecil mampu menampilkan versi web suatu situs dan juga kemampuan menghemat data. Kecil dan mampu memberikan yang terbaik merupakan nilai plus dari aplikasi ini.

Silahkan Download Langsung dari Playstore disini

3. UC Mini Browser

UC mini Browser adalah aplikasi yang baru-baru ini naik daun karena mengusung hal yang sama dengan kompetitornya yaitu Opera Mini. Kecil dengan kemampuan seperti browser pada PC. Aplikasi ini muncul pada era Android booming, dengan beberapa feature yang cukup bagus (menurut saya) seperti pergantian IP yang membuat kita bisa dengan mudah masuk ke situs yang di blokir pemerintah. Ada juga feature  Speed up download, dengan feature ini download kita akan bertambah lebih cepat karena di bantu UC server. Saya pikir 2 feature itulah nilai plus dari aplikasi ini yang membuatnya banyak digunakan.

Silahkan Download Langsung dari Playstore disini


Kedua Browser Komputer

1. Google Chrome

Google Chrome di Komputer hampir sama dengan Chrome pada Smartphone android. Dengan Feature Satu email untuk semua Google. Save bookmarks Anda akan tersimpan pada server Google. Sedikit perbedaan pada Chrome versi Komputer dengan Versi Android adalah dari Custom IP dan pergantian tampilan tema.

Silahkan Download Langsung dari Web Resminya disini

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox  adalah aplikasi yang pertama kali saya gunakan ketika pertama kali berinternetan. Aplikasi ini seolah aplikasi yang wajib bagi warnet (dulu). Mungkin karena aplikasi ini adalah aplikasi yang mudah penggunaannya. Saat dulu mungkin belum banyak aplikasi Browser pihak ketiga yang mudah seperti firefox sehingga banyak yang menggunakannya. Nilai plus lainnya dari aplikasi ini adalah banyaknya add on dan plugins yang begitu membantu orang seperti saya ini. Seperti Anonimoux, IDM CC  dan lain sebagainya.

Silahkan Download Langsung dari Web Resminya disini

3. Maxthon Browser

Maxthon Browser mungkin belum banyak kenal, saya pun baru beberapa tahun ini tahu ada aplikasi browser yang cukup ringan ini. Jika kita menggunakan Firefox mungkin akan banyak Cookies yang tersimpan dan membuat browsing jadi lemot, Maxthon seolah tidak begitu. Entah apa feature yang digunakannya, ketika saya buka banyak tab, tetap tidak terasa lemot. Ada juga feature ads in a tab, jika di Firefox kita klik iklan akan muncul di jendela baru firefox, maka di maxthon cukup di tab samping jadi tidak menambah beban memory dengan membuka jendela aplikasi baru seperti Firefox.

Silahkan Download Langsung dari Web Resminya disini


Mungkin itulah beberapa aplikasi Browser yang sudah pernah saya coba pada Smartphone maupun pada Komputer. Di luar sana masih banyak aplikasi Browser yang mungkin lebih baik, tapi saya di sini mencoba memberitahu berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan aplikasi browser tersebut. 

Seperti itulah kira-kira pengertian dari Browser dan Browsing yang bisa saya sampaikan. Intinya Browser adalah Aplikasinya dan Browsing merupakan Kegiatannya ketika kita terhubung ke Internet.
Semoga sedikit ilmu yang saya miliki bisa menjadi manfaat bagi pembaca semua. Sekiranya seperti itulah yang bisa saya sampaikan pada artikel kali ini. Bila ada kesalahan penulisan kata dan lainnya saya mohon maaf, itu karena keterbatasan pengetahuan dari saya. Jika ada pertanyaan, masukan, kritik dan saran silah kan Comment atau  contact us. Semoga bermanfaat, Sekian



Terima Kasih.

Ads